Pengusaha Sukses di Kota Malang
Kisah Pengusaha Sukses di Kota Malang
Hello good people , banyak sekali pengusaha sukses yg ada di kota Malang, namun Kali ini saya akan berbagi cerita tentang kisah pengusaha sukses dan gimana sih ceritanya? So langsung aja kita baca.
Cerita manis pemilik dalam mengembangkan usaha :
Dalam Negeri : Malang, Batam, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.
Luar Negeri : Hongkong
Cara mempromosikan dan mendistribusikan produk antara lain :
Pertama adalah perusahaan yang di miliki bapak Dicky Asmoro Oetomo yaitu Baboon Creative Design Malang atau yang biasa dikenal dengan Baboon T-shirt Malang didirikan pada tahun 1997. Perusahaan ini sebelum bernama “Baboon T-shirt Creative Design” Malang pernah bernama “Dick Collection” padatahun 1995, tetapi kemudian oleh pimpinan perusahaan diganti namanya menjadi Baboon T-shirt Malang.
Pada tahun 1997 perusahaan melakukan produksi dengan menerima pesanan dalam bentuk partai maupun eceran atau per satuan, karena pada saat itu perusahaan memanfaatkan sampah pabrik yang kemudian diolah untuk digunakan sebagai bahan baku perusahaan. Tetapi semenjak adanya krisis perusahaan tidak lagi memperoleh bahan baku dari sampah pabrik sehingga mengharuskan perusahaan untuk membeli sendiri bahan baku yang digunakan.
Seiring perkembangan serta peningkatan permintaan konsumen pada tahun 2012 Baboon T-shirt mulai memperluas bisnisnya dengan cara membuka cabang baru yang beralamatkan di jalan Perum Dirgantara VI A6/26, Sawojajar Malang. Serta saat ini Baboon T-shirt juga akan membuka usaha dibidang lain yaitu usaha jasa biro umroh yang sedang dalam tahap pembangunan.
Berikut merupakan lokasi dari Baboon T-shirt yaitu dari Univ. Ma Chung terus ke lampu merah belok kanan terus ke lampu merah berikutnya belok kiri terus masuk ke jalan kawi dapat perempatan lampu merah belok kanan kemudian cari gang VI kemudian terus lalu sampai disebuah rumah yang merupakan tempat produksi dari Baboon T-shirt. Adapun Visi dan Misi dari Baboon T-shirt yaitu :
Visi : Mengutamakan pelayanan dan kepuasan pelanggan
Misi : Menjadi perusahaan yang bisa bukan hanya sukse tetapi juga dapat berguna bagi masyarakat sekitarnya.
Yang Kedua adalah pengusaha sukses dari Bapak Heru yang mempunyai nama usaha "Superheru". Superheru sendiri adalah perusahaan berbadan hukum perseorangan dengan kategori usaha kecil menengah. Pada awalnya pemilik mengikuti pelatihan di BLK, mempelajari tentang pengolahan hasil pertanian yang menghasilkan olahan seperti keripik, roti, snack, dan sebagainya. Setelah lulus dari BLK pemilik mulai mengaplikasikan ilmu yang di dapatkan dari BLK dengan mendirikan usaha bernama Superheru. Saat ini Superheru memiliki 16 jenis produk sendiri, ditambah dengan produk lain yang merupakan hasil kerjasama dengan UKM lain. Superheru sudah berdiri selama 4 tahun, dimulai sejak tanggal 24 Mei 2014. Usaha tersebut terletak di Jl. Simpang Anggrek 4 No. 2 Asrikaton Pakis Malang. Yang berbadan hukum perseorangan dengan kategori Usaha Kecil Menengah.
- Memiliki banyak waktu untuk keluarga sejak memutuskan untuk berwirausaha.
- Berkumpul dengan mahasiswa ASIA, karena selama ini Perti Asia menjalin kerja sama dengan usaha Superheru ini agar Superheru semakin dikenal oleh masyarakat luas.
Di samping cerita manis, pemilik juga merasakan cerita pahit yang telah dialaminya, yaitu saat menawarkan produk banyak mendapatkan penolakan dari konsumen, di tambah dengan rasa lelah pada awal-awal mendirikan usaha. Pendistribusian Produk :
Dalam Negeri : Malang, Batam, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.
Luar Negeri : Hongkong
Cara mempromosikan dan mendistribusikan produk antara lain :
- Secara online
- Dalam kota di titipkan di pusat oleh-oleh
- Luar kota lewat agen dan reseller
- Memiliki outlet yang tersebar dimana-mana.
- Produk yang dihasilkan bisa dikenal lebih luas.
- Dapat menjual produk hingga ke luar negeri.
Untuk mahasiswa baik berwirausaha maupun bekerja di perusahaan tidak ada yang buruk, tergantung dari pasion masing-masing, jadi tidak perlu dipaksakan. Jika memang berkeinginan untuk berwirausaha harus memiliki niat dan tekat yang kuat, memiliki mental yang siap gagal karena kegagalan adalah salah satu perjalanan menuju kesuksesan. Wirausaha itu sebenarnya indah karena kita bisa memaksimalkan potensi kita, bisa mengeksplor apa yang di dalam diri kita. Jika kita berwirausaha kita tidak terikat dengan waktu, berbeda jika kita bekerja di perusahaan kita akan terikat dengan waktu, dan waktu tidak bisa dibeli.
Yang Ketiga adalah usaha Abah Odil, yaitu Bubur Ayam Tasikmalaya Istimewa yang memiliki slogan “Rasa Bicara Sejak Suapan Pertama”. Pemiliknya adalah Bpk. Ate Rushendi, berlokasi di Ruko Griyasantha, Jl. Soekarno Hatta – Malang.
Usaha ini sudah berdiri sejak tahun 2004 dan sudah memiliki 5 cabang warung. Maknanama usaha Abah Odil sendiri berasal dari nama anak ke-empat yaitu Abdillah, yang mana nama panggilannya ketika di rumah adalah Odil. Keunggulan usaha yang sudah berdiri selama 14 tahun ini, yaitu :
- Mengunggulkan rasa
- Bubur tanpa kuah dan kacang
- Ayam yang banyak
Promosi melewati media, memasang iklan di koran, buletin, radio, dan brosur.
Ada juga faktor pendukung Bpk. Ate Rushendi dalam mebesarkan usaha beliau, yaitu karena
- Mempunyai tempat yang strategis
- Fasilitas Parkir
- Menambah karyawan
Perjuangan Bpk. Ate Rushendi
Motivasi awal ingin berjualan bubur ayam yaitu ketika Ate Rushendi bekerja menjadi seorang pegawai, penghasilan yang diterima imbang dengan pengeluaran. Hal tersebut membuat beliau berfikir kapan beliau bisa sodaqoh kepada orang lain kalau masih menjadi pegawai. Karena banyak dari orang Tiongkok yang sukses karena berdagang. Maka dari itu beliau mencontoh orang Tiongkok. Dan teman-teman nya mendukung beliau untuk menjadi seorang pedagang. Dari situ beliau mempunyai tekad untuk menjadi seorang pengusaha.
Cerita Pahit dan Manis
Dahulu Ate Rushendi meruapakan seorang pegawai yang sudah menjelajahi dunia kerja. Beliau sudah 18 kali berganti pekerjaaan dan yang ke 19 ini merupakan pekerjaan yang terakhir yakni menjadi pengusaha bubur ayam.
Abah Odil ini merintis usaha mulai dari nol. Awal berjualan menggunakan gerobak keliling. Proses pembuatan bubur dimulai pukul 02.00 pagi. Berangkat berjualan pukul 06.00 – habis. Dan lama-kelamaan bubur beliau dikenal banyak orang karena rasanya yang berbeda dari bubur yang lain. Kemudian beliau bisa menyewa Ruko untuk berjualan. Seiring berjalannya waktu beliau dapat membuka cabang di Malang agar mempermudah pelanggan untuk membeli bubur dengan jarak yang dekat.
Itu dia 3 pengusaha sukses di Kota Malang semoga bermanfaat dan terima kasih good people.
Komentar
Posting Komentar