Business Practice 3 (Kuliah Tamu ke 2)
Narasumber : Asrul Tsani SPT,SK
Kuliah tamu eps 2 kali ini membahas tentang SEO, SEM, sejarah Google
dan digital marketing.
- Website sebagai salah satu 'rumah' bisnis didunia digital yaitu pentingnya memiliki website yang efektif untuk bisnis anda dan cara kerja sebuah website dan sistemnya.
Perbedaan sudut pandang pelanggan dengan pemilik bisnis sebagai berikut :
- Pemilik bisnis => Aplikasi chat, media sosial, E-Commerce, daftar lokal bisnis, dan situs/web
- Pelanggan => Situs/web, daftar lokal bisnis, E-Commerce, media sosial, dan aplikasi chat
Cara kerja sebuah web yaitu rumah bisnis online anda, sebagai tempat
belajar, menarik pelanggan potensial. contoh :
1. katakanlah anda memutuskan untuk membuka toko roti didunia maya
1. katakanlah anda memutuskan untuk membuka toko roti didunia maya
2. Hal pertama yang akan anda lakukan adalah menyewa ruang untuk rumah.
3. sebuah website tidak berbeda. Hanya anda tidak menyewa ruang dijalan tinggi,
anda menyewa ruang pada server.
- Hal - hal yang perlu diperhatikan dalam membuat website yaitu standar kebutuhan website, konten dan tata letak didalam website (halaman utama, kolom navigasi, hyperlink, telepon dan lokasi), navigasi yang diperlukan dalam website (tata letak, kolom pencarian, logo bisnis header dan call to action).
- Peran mesin pencari dalam meningkatkan performa website sebagai berikut :
1. Sekilas tentang mesin pencari dan sistem yang terdapat didalamnya
2. SEM dan SEO untuk meningkatkan peluang website anda
3. Peran google search console dalam meningkatkan hasil pencarian
Dasar - dasar Search Engine Optimization (SEO) dan Seacrh Engine Marketing
(SEM)
- Pengenalan mengenai mesin pencari
a. Dasar - dasar mengenai
mesin pencari dan pentingnya untuk bisnis anda.
=>
Sejarah mesin pencarian yaitu dalam perkembangan, mesin pencari
telah menggunakan program komputer yang sangat canggih untuk menampilkan
pencarian pada halaman web.
=> Fungsi mesin pencari yaitu untuk mendapatkan pengunjung potensial yang
akan menjadi calon customer anda.
=>Mesin pencari dan iklan digital di Indonesia (mesin pencari menjadi
strategi yang tepat untuk iklan digital bisnis anda) : biaya yang
dikeluarkan untuk iklan di mesin pencari yaitu 44% dari total biaya yang
dihabiskan untuk iklan digital di Indonesia.
b. Cara kerja mesin
pencari yaitu
1. Crawling (penelusuran),
2. Indexing (pengindeksan),
1. Crawling (penelusuran),
2. Indexing (pengindeksan),
3. Ranking (peringkat)
c. Cara - cara rumah bisnis anda muncul dalam hasil mesin pencari ;
=> Mesin pencari memahami apa yang ada di halaman web melalui kode HTML
(judul halaman, teks halaman dan gambar halaman).
2. Dasar - dasar mengenai SEO
a. Kembangkan bisnis anda
dengan SEO (SEO yang optimal menjadikan web bisa ranking 1 di mesin pencari)
adalah suatu proses untuk mempengaruhi tingkat visibilitas sebuah situs web
atau sebuah halaman web di mesin pencarian organik dari mesin pencari.
b. Cara pengoptimalan SEO
untuk bisnis anda
c. Analisa performa SEO
untuk bisnis anda
3. Dasar - dasar mengenai SEM
a. Kegunaan SEM untuk pemasaran bisnis anda
b. Cara SEM bekerja untuk menampilkan bisnis anda
c. Tips pemilihan kata kunci yang baik dalam SEM
d. Tips membuat iklan yang dapat menarik pelanggan ditampilan hasil pencarian
Search Engine
Marketing (SEM) => anda hanya akan membayar jika pencari mengklik iklan
anda. Bagaimana cara SEM bekerja untuk menampilkan bisnis anda? SEM
bekerja dengan sestem lelang berdasarkan Penawaran yang kompetitif dan
Relevansi yang kuat. Penawaran yang kompetitif yaitu lakukan pengawasan
terhadap penawaran anda secara teratur untuk memastikan anda mendapatkan
performa yang anda inginkan. Relevansi yang kuat yaitu menunjukkan seberapa
dekat iklan anda berkaitan dengan apa yang dicari pengunjung.
- Bagaimana membuat kata kunci yang baik dalam SEM ???
1. Memiliki relevansi yang tinggi
dengan produk/jasa anda
2. Gunakan tools riset kata kunci
untuk meningkatkan traffic
3. Memilih kata kunci
dengan tingkat persaingan yang rendah.
- Mengapa iklan di mesin pencari sangat efektif ??
a. Relevan dengan kata kunci yang
diinginkan
b. Bentuk iklan yang menarik
c. Bentuk iklan yang mirip dengan
hasil pencarian organik.
Sejarah Google
Google : salah
satu perusahaan digital yang gencar mengakuisisi starup yang berpotensial.
Halaman muka Google tampil bersih sejak kali pertama beroperasi karena dulu
kedua pendirinya tidak menguasai HTML. Indeks pencarian Google memiliki ukuran
raksasa, yakni lebih dari 100 juta gigabyte. Dengan kata lain, butuh lebih dari
100.000 hard disk personal berukuran 1 terabyte untuk menyimpan indeks
pencarian. Street View yang merupakan bagian dari Google Maps, jika ditotal
maka Google telah memotret jalan sepanjang 5 juta mil atau 8,046 juta km.
Komentar
Posting Komentar